Hi everybody ! Enjoy, read and be my blog's member ! Thanks for your visit ! :)
RSS

Rabu, 14 Desember 2011

Sekilas Sejarah Negeriku (History of Indonesia)


Trikora ( Tri Komando Rakyat )
          Trikora  atau Pembebasan Irian Barat ditetapkan oleh Presiden Indonesia, Ir. Soekarno pada tanggal 19 Desember 1961 di Alun-alun Utara Yogyakarta, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Agresi II Militer Belanda. Isi Trikora tersebut ialah :
  1. Gagalkan pembentukan negara Boneka Papua buatan Kolonial Belanda.
  2. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat,Tanah Air Indonesia.
  3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan serta kesatuan Tanah Air dan Bangsa Indonesia.
Pada tanggal 2 Januari 1962 susunan Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat terbentuk. Tugas-tugas Komando Tertinggi Pembebasan Irian Barat adalah:
  1. Merencakan, mempersiapkan, menyelenggarakan operasi militer dengan tujuan untuk mengembalikan wilayah Irian Barat ke dalam kekuasaan negara Republik Indonesia.
  2. Mengembalikan situasi militer di wilayah Irian Barat.
Trikora ini terjadi karena Indonesia dan Belanda sama-sama menganggap wilayah barat Pulau Papua sebagai tanah kekuasaannya. Terjadilah pertentangan diantara mereka yang tak juga berujung.Salah satu puncaknya ialah saat Pemerintah Belanda memulai persiapan menjadikan Papua negara merdeka selambat-lambatnya pada tahun 1970-an dengan  mempercepat program pendidikan di Papua barat ,Indonesia bahkan menentang dan kemudian  pada 17 Agustus 1956 membentuk Provinsi Irian Barat dengan ibukota di Soasiu yang berada di Pulau Tidore, dengan gubernur pertamanya, Zainal Abidin Syah yang dilantik pada tanggal 23 September 1956.

Kedua belah pihak ini sama-sama tidak mau menyerah,bahkan saling memperkuat diri. Indonesia yang menyadari betul kekuatannya masih kurang untuk melawan Belanda,mulai melakukan berbagai tahap dan langkah gesit untuk memperkuat diri. Langkah-langkah yang dilakukan Indonesia kala itu  bersangkutan dengan Trikora adalah:
1.)   Mencari bantuan senjata dari luar negeri dengan mengadakan perjanjian jual-beli senjata dengan Uni Soviet secara pembayaran jangka panjang.
2.)  Indonesia mendekati negara-negara seperti India, Australia, Jerman, dan Perancis agar tidak memberi dukungan kepada Belanda jika pecah perang antara Indonesia dan Belanda.
3.)  Tanggal 27 Desember 1958, Presiden Soekarno mengeluarkan UU nomor 86 tahun 1958 yang memerintahkan dinasionalisasikannya semua perusahaan Belanda di Indonesia.
4.)  Soekarno membentuk Komando Mandala, dengan Mayjen Soeharto sebagai Panglima Komando untuk menjalankan tugas-tugas khusus merebut Irian Barat.
5.)  Karena rencana-rencana Trikora diatas belum juga siap, maka TNI AD dengan bantuan TNI AL dan TNI AU membuat operasi rahasia untuk menyusupkan sukarelawan ke Papua bagian barat dengan tugas melakukan sabotase dan penghancuran objek-objek vital milik Belanda.
*Biarpun sukses dengan menyerang Belanda di Irian Barat,namun sebuah operasi gagal dilaksanakan karena tidak adanya perlindungan dari TNI AU.
6.)  Pada 19 Mei 1962,pasukan Indonesia dibawah pimpinan Mayjen Soeharto melakukan operasi infiltrasi udara dengan menerjunkan penerbang menembus radar Belanda yang dilakukan pada malam hari(< 1 menit,81 penerjun payung selesai mendarat&pesawat Hercules telah meninggalkan daerah Teminabuan dengan ketinggian yang tidak bisa dicapai oleh pesawat Neptune  Belanda).
7.)  Dan yang terakhir dalam perjuangan Indonesia ini ialah operasi Jayawijaya yang disiapkan oleh TNI Angkatan Laut.Operasi ini merupakan operasi amfibi terbesar dalam sejarah operasi militer Indonesia ( >100 kapal perang & >16.000 prajurit disiapkan dalam operasi tersebut).

Karena kekhawatiran bahwa pihak komunis akan mengambil keuntungan dalam konfik ini, Amerika Serikat mendesak Belanda untuk berunding dengan Indonesia. Karena usaha ini, tercapailah persetujuan New York pada tanggal 15 Agustus 1962. Pemerintah Australia yang awalnya mendukung kemerdekaan Papua juga mengubah pendiriannya dan mendukung penggabungan dengan Indonesia atas desakan AS.

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS