Hi everybody ! Enjoy, read and be my blog's member ! Thanks for your visit ! :)
RSS

Sabtu, 03 Desember 2011

Celoteh Tentang Sekolah


Sekolah ialah tempat terjadinya proses belajar mengajar yang paling efektif.Para murid belajar bermacam-macam pelajaran di sekolah. Mulai dari pelajaran teknik seperti fisika dan komputer hingga pelajararan agama bisa ditemukan dan dipelajari di tempat ini.Sekolah merupakan pabrik pembentuk manusia yang terbaik dimana semua makhluk berkualitas dihasilkan dan didistribusikan dari sini. Dalam prosesnya yang panjang ,setiap murid dipersiapkan dengan matang untuk menempuh kehidupan kejam di luar sekolah. Para murid juga diberikan nasihat pembangun iman dalam proses belajarnya agar kelak berpendirian kuat dan menjadi manusia yang kuat juga pembela kebenaran dalam masyarakat.
Di dalam kursus juga terjadi proses belajar mengajar antara guru dengan muridnya, namun terdapat sedikit perbedaan dengan sekolah.Perbedaan sekolah dengan kursus terletak pada kualitasnya. Kursus hanya bersifat sebagai pelengkap pembelajaran,sedangkan sekolah bersifat pokok dan merupakan kebutuhan manusia yang utama. Kursus unggul dalam hal waktu dan sekolah unggul dalam hal pembelajarannya. Waktu kursus bersifat bebas dan bisa disesuaikan dengan keinginan pelajar yang mengikuti kursus tersebut, namun beda halnya dengan sekolah yang waktunya lebih tetap dan selalu bersifat memaksa.Kursus memberikan pembelajaran hanya sebatas yang dipilih saja,namun sekolah memberikan seluruh pembelajaran, baik yang dipilih maupun yang belum tentu dipilih dan disukai.
Sekolah juga memiliki jadwal kegiatan belajar mengajar yang sudah pasti dan selalu ditentukan oleh pemerintah. Jadwal belajar mengajar ini dibuat berdasarkan kalender pendidikan. Dalam kalender tersebut dapat ditemukan berbagai tangggal merah yang merayakan berbagai perayaan dan peristiwa pendidikan.Ciri sekolah lainnya ialah seragam wajibnya yang bebas ditentukan oleh masing-masing sekolah sebagai ciri khas sekolah tersebut. Biarpun penentuannya bebas, namun pemerintah mempunyai seragam nasional yang berfungsi sebagai identitas negeri Indonesia yang bisa juga dipakai oleh sekolah sebagai seragam sehari-harinya.
Sekolah terbagi menjadi beberapa tingkatan, salah satunya ialah SMP atau Sekolah Menengah Pertama. Tingkat ini merupakan tahap lanjutan dari sekolah dasar. Namun,  biarpun bersifat melanjutkan, sekolah menengah ini memiliki beberapa perbedaan dengan sekolah dasar. Dalam tahapan ini, para murid mulai mempelajari ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari di sekolah dasar secara mendetail dan lebih spesifik. Beberapa pelajaran yang dulunya disatukan,ada juga yang kemudian dipecah menjadi beberapa mata pelajaran seperti halnya IPA yang kemudian dipecah menjadi fisika,biologi dan juga kimia. Pada tahap ini, tingkat kesulitan mulai meningkat, beban tugas serta ulangan juga semakin bertambah. Kesuksesan murid juga lebih tergantung pada dirinya sendiri karena guru di SMP akan lebih acuh kepada muridnya yang dianggap telah cukup besar dan bisa bertanggung jawab.
Setelah para murid selesai menimba ilmu di SMP, maka tibalah saatnya mereka melanjutkan ke tahap berikutnya.Tahap berikutnya ialah SMA atau Sekolah Menengah Atas, sekolah yang penuh konsekuensi dan perlu tanggung jawab besar. Para murid bisa memperdalam segala minat dan kemampuannya disini. Pada tahun pertamanya, para murid akan dididik secara lebih intensif, mereka akan disudutkan pada suatu penentuan yang membawanya kepada kepastian masa depan mereka. Penentuan tersebut akan membagi mereka menjadi 2 jalur yang berbeda,yaitu jalur IPA (Ilmu Alam) dan jalur IPS (Ilmu Sosial). Masing-masing jalur mempunyai kesulitannya masing-masing dan semua ditentukan oleh murid itu sendiri sewaktu ia masih duduk di bangku kelas satu SMA. Pada masa SMA ini, para murid haruslah sangat berhati-hati karena tahap selanjutnya ialah universitas (Perguruan Tinggi).Tahap ini akan memakai semua hasil belajarmu semasa di SMA dalam menentukan kelayakanmu meneruskan sekolah disana. Jadi tekunlah selalu belajar di sekolah agar kelak selalu lancar dalam melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi !

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS