Hi everybody ! Enjoy, read and be my blog's member ! Thanks for your visit ! :)
RSS

Sabtu, 23 Juni 2012

Surat Untuk Generasi Muda

     Hai kawan2 semua....Hari ini aku ngambil postnya clairine nih, minta ya claire :D. Aku ngambil dari sana karena males ngetik dari sumber aslinya, yaitu provoke :). Nah si Clairine kan rajin bener nih mau ngetik segini banyak, jadi ya minta aja deh ma dia,hhe...
     Buat kalian yang merasa sebagai generasi muda, baca post yang ini ya :), ini penting bgt buat kalian untuk menyadari apa perbedaan generasi muda jaman sekarang dengan generasi muda di masa lalu... Selamat membaca ya, semoga kalian mendapat hikmah dari post ini ya :)... Oh ya jangan salah sangka dan ngira kalo aku ga ngedit ya, ini ada sedikit perubahan yang aku lakukan, ya selain buat kalian makin ngerti ya sekaligus iseng2 aja, hhe... Ini dia :)

Teruntuk bagi kalian yang saat ini disebut sebagai generasi muda...

     Benar adanya bahwa setiap generasi akan berpikir bahwa mereka adalah generasi yang lebih baik dari generasi sekarang, itu sudah rahasia umum. Tapi disini kita tidak sedang membicarakan generasi siapa yang lebih baik, kalian punya keunggulan kalian sendiri yang tidak kami miliki, begitu pun sebaliknya.

     Sayangnya, kami sebagai generasi yang sudah lebih dulu menguasai dunia merasa prihatin atas apa yang terjadi pada dunia yang dikuasai oleh kalian, dunia dimana kami mau tidak mau harus melayangkan surat ini kepada kalian. Kami tidak sedang berkata bahwa generasi kalian buruk, hanya saja sulit untuk menyangkal bahwa ada yang salah dengan kata "anak muda" yang kalian sandang.

     Dulu, waktu kami masih duduk di kursi playgroup atau taman kanak-kanak, kami bermain... Kami sepenuhnya bermain. Namun, yang terjadi sekarang pada kebanyakan anak di taman kanak-kanak adalah mereka belajar bahasa inggris, duduk dengan anteng di kelas, sementara ayunan dan kotak pasir dimainkan hanya pada jam istirahat.
     Betapa ironis, anak-anak seharusnya bermain, bukan diam di dalam kelas dan mendengarkan guru menjelaskan pelajaran. Karena toh kita akan mengalami itu di usia sekolah (SD-SMA).

     Dan tolong, jangan pernah berkata apapun tentang nasionalisme ketika nilaimu dalam bahasa asing lebih bagus daripada nilai bahasa Indonesiamu. Oh iya, Ipad atau BB jelas bukan mainan anak-anak. Jadi, kalau orangtuamu hendak memberikannya pada adikmu yang masih kecil, tolong cegah dan beritahu mereka untuk memberinya congklak, bola, atau tamiya juga boleh.

     Dulu, yang disebut bermain secara berkelompok adalah sepakbola, basket, main engklek, bancakan / ucing sumput (yang belum tahu permainan apa ini bisa buka di http://id.wikipedia.org/wiki/Bancakan), dll, bukannya duduk di hadapan komputer sepanjang hari untuk bermain warcraft (sekarang lebih terkenalnya sih DOTA) bersama temang se-geng dari rumah masing-masing.

     Kami membangun kerja sama tim dalam arti yang sebenarnya, bukan membangun experience atau level yang didapat dari mengalahkan monster. Kami bergerak, kami berinteraksi dengan alam, badan kami pun jadi semakin sehat karena kotor (dalam istilah kesehatan kami menyebutnya "imunitas"), bukannya merusak tulang punggung dengan duduk seharian, atau membuat diri kami lemah dengan tidak pernah terkena cahaya matahari.

     Dulu, saat jatuh cinta dengan seseorang, salah satu momen terbaiknya adalah ketika secara tidak sengaja berpapasan dengannya di lorong sekolah atau kantin, bukannya ucapan "selamat tidur" atau "good night" yang didapat dari sms/bbm kita.

     Kami tersipu malu dan terkadang penasaran dengan apa yang dilakukan oleh gebetan kami. Sayangnya rasa penasaran itu hilang saat ini karena dia selalu meng-update statusnya 5 menit sekali, dan kita jadi tahu apa yang dilakukan olehnya setiap hari. And yes, masa indah cinta remaja adalah ketika seorang cowok mendatangi seorang cewek, mengajak berkenalan, lalu mungkin mengajak jalan pada suatu saat di kemudian hari, bukannya mendapat pin bb cewek itu dari temannya dan memulai percakapan via pesan singkat yang tidak didapat secara mengejutkan di lacimu pada suatu pagi di sekolah.

Yang kami tau tentang cinta adalah "Ketika rasa penasaran itu hilang, maka getaran itu akan hilang."

     Dan untuk kalian kaum hawa, please, high heels dan make up yang terlalu tebal itu tidak cocok untuk kalian. Bukankah lebih baik kalian menunjukkan kenaturalan kalian sendiri? Justru keaslian dari wajah kalian itu lebih menunjukkan jati diri kalian yang sebenarnya, tidak perlu sembunyi dalam make up yang hanya merusak kulit dan tidak alami.

     Percayalah, jutaan perempuan di dunia ini rela membayar sejumlah uang yang hitungannya tidak masuk akal hanya untuk membuat dirinya tampak lebih muda dan lebih cantik. Kalian ini masih muda. Kalian menyia-nyiakan hal terpenting dalam diri kalian. Padahal banyak orang yang iri pada kalian yang masih muda dan ingin memanfaatkan kesempatannya untuk menjadi muda kembali.

Kami harap pikiran kalian bisa terbuka dengan pesan dari surat ini.


Salam sayang,



Generasi yang dulu pernah disebut generasi muda.


Real Source : Provoke! The Revolution of Ideas
Second Source : Clairine's Blog


Thanks all for your time :D

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS