Hi everybody ! Enjoy, read and be my blog's member ! Thanks for your visit ! :)
RSS

Minggu, 13 Januari 2013

Hal Kecil Penghilang Gundah di Hati

Ketika masih kecil, kita biasa melakukan beberapa hal sederhana untuk menghilangkan kesedihan, misalnya makan permen, menghisap jempol, atau melakukan hal unik lainnya. Ketika dewasa, rasanya tak bisa semudah itu menghilangkan stres.
Hilangkan stres hanya dalam 2 menit? Ini caranya!

Eits, tapi jangan kecewa dulu. Beberapa hal ini bisa kita lakukan untuk menghilangkan stres dalam waktu singkat. Seperti apa? Berikut caranya, seperti dilansir oleh Today Health. Check These Out !
1. Tersenyum
     Tersenyum dan memasang wajah bahagia bisa membuat kita merasa lebih baik. Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang yang tidak bisa mengekspresikan kemarahan mereka, cenderung lebih cepat merasa tenang. Jadi, 'memaksa' diri tersenyum tak ada salahnya, sampai hati kita merasa benar-benar baikan. Bukan untuk berpura-pura. Tapi ini lebih bertujuan untuk membuat diri kita menjadi lebih tenang.
2. Menghangatkan tangan
     Ketika merasa takut dan cemas, sistem saraf akan mempengaruhi aliran darah dan membuat tangan terasa dingin. Cara mengatasinya? Hangatkan saja tangan kta dengan menggosokan kedua telapak tangan kita hingga terasa hangat. Tangan yang hangat dapat memberikan sinyal positif pada sistem saraf dan membantu  kita merasa lebih tenang.
3. Bersedekah
     Penelitian di University of Columbia menunjukkan bahwa mendonasikan atau menyumbangkan uang kepada orang yang membutuhkan membuat seseorang merasa lebih senang dibanding dengan menggunakan uang tersebut untuk membeli barang. Memberi sesuatu pada orang lain juga bisa membuat pikiran kita lebih tenang. Inilah keajaiban dari sedekah...
4. Gandum utuh
     Ketika merasa bad mood dan marah, kita bisa mengonsumsi cemilan berbahan  dasar gandum atau karbohidrat. Karbohidrat mampu meningkatkan gula darah dan memicu serotonin. Hormon ini kemudian akan menenangkan dan memberikan rasa positif pada seseorang. Selain gandum utuh, kita juga bisa mengonsumsi cokelat untuk meredakan stres.
5. Berkebun
     Penelitian tahun 2011 di Belanda menunjukkan bahwa berkebun selama 30 menit bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Siapa sangka hobi berkebun bisa menyehatkan bagi mental?
6. Peluk diri sendiri
     Ketika kita merasa pesimis pada diri sendiri, otak akan mengeluarkan sinyal negatif dan membuat kecemasan kita menjadi lebih besar. Cara mengatasinya, cobalah memeluk diri sendiri dan peluklah dengan erat. Bahkan sentuhan kita sendiri bisa membuat kita merasa tenang dan lebih bahagia. Tidak percaya? Coba saja...
7. Bernapas
     Mengambil napas dalam memang penting dan ampuh untuk meredakan stres. Namun ternyata, mengeluarkan napas lebih penting dari itu. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ketika kita mengeluarkan napas, kita secara tak langsung mempengaruhi sistem parasimpatik tubuh kita dan menurunkan detak jantung. Ini sangat baik untuk kesehatan kita :D
8. Olahraga lidah
     Menggerakkan rahang dan membuat lidah kita menjadi santai akan membuat otak mengirimkan sinyal pada sistem limbik untuk menurunkan hormon stres adrenalin dan kortisol. Lalu, bagaimana caranya membuat lidah kita menjadi santai? Caranya mudah, cukup keluarkan lidah dan buat rahang kita menjadi rileks. Latihan ini akan membuat tubuh merasa lebih tenang.
9. Manjakan tubuh
   Ketika merasa stres atau cemas, kita bisa menurunkannya dengan memanjakan tubuh. Misalnya mandi, mendengarkan musik, pijat, atau hal lain yang membuat tubuh kita terasa lebih nyaman.

     Sekian tips hari ini....Apakah Anda merasa stres saat ini? Saatnya mencoba cara-cara di atas. Tak butuh waktu terlalu lama, namun Anda bisa langsung merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS